Laman

Senin, 20 September 2010

Tahapan dalam pembangunan pura Vaikuntha Vyomantara

Tahapan dalam pembangunan pura Vaikuntha Vyomantara
1. Kegiatanya diawali dengan membersihkan lokasi,Nyukat karang /Nyuciang Karang Oleh Ida Begawan Putra Manuaba dari Geriya kasihan, Bantul,Yogyakarta
2. Pada hari Jumat,18 Mei 2007 rapat koordinasi dihadiri oleh Panitia,pada rapat tersebut dibahas proses dan langkah selanjutnya dalam pembangunan Pura meliputi ; persiapan Prosesi nunas Pancer/Batu untuk dasar Padmasana di Puncak Gunung Merapi , Nunas Tirta untuk Persiapan Nasarin, Peletakan Batu pertama serta Pelaksanaan pembangunan selanjutnya.
3. Pada tanggal 15 Mei 2007 kunjungan dari kadiswatpers Mabes AU Marsma TNI Anggora beserta rombongan diterima Komandan Lanud Adisutjipto didampingi Mayor Sus Drs.Made worda Negara selaku perwira rohani dan Letkol PNB Nyoman Tri Santosa selaku Panitia)
4. Pada hari Minggu 20 Mei 2007 dilaksanakan Nunas Pancer /Batu untuk dasar bangunan Pelinggih kepuncak gunung merapi di Daerah Kaliurang Kabupaten sleman yogyakarta,diawali mohon ijin ke Mbah Marijan juru kunci gunung Merapi .
5. Dilanjutkan pada hari Rabu,23 Mei 2007 dilaksanakanlah upacara Peletakan Batu Pertama oleh Marsma TNI Benyamin Dandel,S.IP selaku Komandan Lanud Adisutjipto yang dihadiri oleh seluruh pejabat di Jajaran Pangkalan TNI Angkatan Udara,PHDI DIY,dan seluruh warga Paguyuban Dharma laksana dan Umat Hindu sekitarnya. Mulai saat inilah dilaksanankannya proses awal pembangunan pura diawali pondasi dan pagar bumi dilanjutkan menggali dasar pondasi padmasana dan bangunan pelinggih lainnya seperti :,bale pepelik,Taksu,Pengelurah,Tamansari.
6. Pada Purnama kedasa tepatnya pada tanggal 9 april 2009 dilaksanakan upacara pemelaspasan/peresmian pura vaikuntha Vyomantara oleh Komandan lanud Adisutjipto Marsma TNI R. Hari Mulyono yang dihadiri oleh pejabat di jajaran Lanud Adisutjipto Yogyakata,PHDI DIY dan Kabupaten dan Kodya, Masyarakat Hindu DIY,Karbol Aau dan Siswa Seklah Penerbang Yang beragama Hindu dan pada purnama Kedasa dijadikan hari Pawedalan Pura vaikuntha Vyomantara.
7. Pada tanggal 17 Agustus 2010 di pura Vaikuntha Vyomantara dibentuklah wadah pemuda pura vaikuntha vyomantara, dengan nama “Yowana Dharma Laksana” anggotanya sebagian besar mahasiswa yang belajar di daerah Yogyakarta dari berbagai daerah, karena memang saat berdirinya pura dipadati oleh mahasiswa/generasi muda
8. Pada bulan Pebruari 2010 dilanjutkan pembangunan Bale pendukung Bale Serba Guna yang berlokasi di Madya mandala sebagai tempat bale Pesandekan,Bale Gong,bale pesamuan/tempat pelaksanaan Pertemuan bagi umat hindu atau warga Paguyuban Dharma Laksana.
9. Walaupun pura baru dibangun,kegiatan Persembahyangan/ Ibadah cukup padat yang dicanangkan oleh Pengempon pura; Perwira Rohani, Paguyuban Dharma Laksana dan Pemuda-Pemudi Yowana Dharma Laksana pada Hari – hari Besar agama Hindu seperti :
a. Persembahyangan hari raya Galungan dilaksanakan pada pagi hari pkl.07.00 sampai
selesai
b. Persembahyangan hari raya Kuningan dilaksanakan pada pagi hari pkl.07.00,
c. Persembahyangan Hari raya Saraswati dilaksanakan pada pagi hari pkl.07.00 sampai
selesai,
d. Persembahyangan hari raya Pagerwesi dilaksanakan pada pagi hari pkl.07.00
sampai selesai,
e. Persembahyangan hari raya Siwaratri dilaksanakan pada pkl.17.00 dilanjutkan
mejagra di pura Vaikuntha Vvyomantra,
f. Ibadah hari raya Nyepi dilaksanakan brata Penyepian di Pura Vaikuntha Vyomantara
g. Persembahyangan hari raya Purnama dan Tilam pada pkl.17.00 sampai selesai
h. hari raya Tumpek Landep dilaksanakan pagi hari pkl.08.00 sampai selesai dilanjutkan mantenin motor atau mobil bagi umat sedharma bantennya disiapkan oleh Pengempon Pura “Paguyuban Umat Hindu Lanud Adisutjipto “ Dharma laksana” dan Pemuda Pura “ Yowana Dharma laksana”.
i. Setiap hari Minggu pagi,Pkl.07.30 Wib dilaksanakan Persembahyangan bersama umat Hindu dilanjutkan pembinaan rohani
Demikian info singlkat tentang Pura vaikuntha Vyomantara yang baru di bangun,walaupun pura baru di bangun, para pemedek sudah mulai berdatangan untuk rawuh tangkil ngaturang pangabakti baik Masyarakat Hindu yang berada di wilayah Yogyakarta maupun dari luar Yogyakarta seperti Jakarta,Banten,Bali dan lain-lain untuk melaksanakan persembahyangan dan Tirtayatra, Bagi Umat sedharma dimanapun berada yang akan pergi ke daerah Istimewa Yogyakarta untuk dapat tangkil ngaturang pangabhakti serta pura Masih dalam tarap Pembangunan. Bangunan yang belum dibangun meliputi : Utama Mandala : Kuri agung, Pesambyangan,Bale Pawedan,Gedong Simpen sedangkan di Madya mandala seperti : Bale pesamuan, Bale Kulkul,Dapur Suci dan di Nista Mandala: Kamar Mandi dan tempat parkir.Bagi Umat Sedharma yang akan medana punia dapat melalui Rekening Pura . BRI Cab.1385 KK AAU Adisutjipto No. Rek.1385-01-002035-50-7 An.Pura Vaikuntha Vyomantara AAU Yogyakarta.(Bp Made Worda Negara,0817460361,Bp.Wayan Polih,081903789624)

1 komentar:

  1. Salam kenal min, saya ulas dikit Pura nya di blog saya di http://dimaselvi.blogspot.co.id/2016/05/gua-sentono-jogja.html :D

    BalasHapus